SPF atau Sun Protection Factor adalah kandungan pada sunblock yang berfungsi untuk mengatasi efek paparan sinar matahari untuk kulit kamu. SPF biasanya akan memberikan perlindungan dari radiasi sinar UV B, sehingga tidak dapat melindungi dari radiasi UV A. Sinar UV B yang terdapat pada paparan sinar matahari ini mampu menyebabkan sunburn dimana kulit akan merasa perih.  

Namun sinar UV A tidak akan menyebabkan sunburn, tapi UV A bisa menyebabkan kerusakan pada DNA bahkan dapat menimbulkan risiko kanker kulit.Oleh sebab itu, kamu butuh sunblock yang bisa menangkal UV A serta UV B sehingga tidak hanya bertuliskan SPF saja ya namun juga PA. Biasanya, pada botol sunblock, terdapat tanpa PA ++ yakni PA+, PA++, PA+++. Semakin banyak ++ pada sunblock maka semakin tinggi perlindungan sunblock tersebut terhadap UV A.  

1. Hitunglah Kadar SPF Dengan Cara Berikut 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung SPF adalah dengan melihat kemerahan setelah terkena matahari. Jika dalam waktu 5 menit kulit menjadi merah, artinya kulit kita sudah terkena efek radiasi matahari. Ketika kamu menggunakan SPF 15 berarti dalam waktu 15 x 5 menit = 75 menit, sunblock  tersebut mampu menjaga kulit kita. Sama halnya dengan dengan SPF 30 dan kandungan yang lebih tinggi seterusnya. Kamu bisa menghitung berapa lama SPF 15, 30, dan 40 dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Sehingga kamu bisa mengaplikasikannya setelah efek proteksi menghilang. 

Meskipun untuk waktu berubahnya warna kulit jadi kemerahan saat berapa di bawah sinar matahari itu berbeda-beda, tetapi kamu harus tetap menggunakan SPF yang disarankan yakni 30. Adapun usia tidak menjadi pengaruh dari paparan sinar matahari. Untuk saat ini, tidak terdapat patokan yang pasti terhadap hal tersebut, namun secara standar kulit wanita dapat memerah di bawah sinar matahari setelah 5-10 menit.  

Ketika kamu menggunakan SPF yang terdapat dalam sunblock secara bersamaan dengan bedak yang mengandung SPF tentu tidak akan menjadi masalah. Namun disarankan sunblock dipakai kembali setelah pemakaian 1,5 jam. Karena kemungkinan daya proteksi otomatis akan berkurang ketika kamu sering terkena sinar matahari. Bahkan saat didalam ruangan, kamu wajib menggunakan sunblock agar tidak terkena paparan sinar UV.  

Paparan sinar UV tidak hanya buruk untuk kulit, namun bisa memberikan efek buruk pada mata yang terkena radiasi. Sinar UV A yang membuat mata dapat terkena katarak, sehingga sangat penting sebenarnya menggunakan kaca mata hitam saat kamu berada dibawah sinar matahari. Jika perlu, kamu bisa menggunakan topi atau payung untuk lebih terproteksi.  

2. Pakai Sunblock Tidak Hanya Untuk Kecantikan Tapi Kesehatan Juga 

Perlu diingat bahwa sunblock memiliki manfaat yang baik untuk kulit karena kandungannya yang dapat memberikan proteksi terhadap paparan sinar matahari. Terutama sinar UV yang sangat buruk untuk kesehatan kulit. Saat ini banyak sunblock yang telah mengandung bahan-bahan seperti pelembab sehingga mampu mengurangi kerutan halus pada kulit kamu. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan skincare yang satu ini ketika kamu berutinitas. Tidak hanya diluar ruangan saja, namun kamu harus menggunakan sunblock saat berada di dalam ruangan saja ya. Karena berdasarkan penelitian, sinar UV A dapat menembus kaca dan mampu memberikan paparan ke kulit kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *