Kemunculan pandemi COVID-19 ini membuat banyak orang diwajibkan untuk tetap berada di dalam rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menghambat penyebaran dari virus corona itu sendiri. Namun, sayangnya beberapa orang masih harus beraktivitas di luar rumah untuk bekerja. Bagi kamu yang masih harus keluar rumah, kamu wajib menggunakan jenis masker kain jika dalam keadaan sehat untuk membuat tubuh terhindar dari penyebaran virus. Masker sendiri kini bisa kamu temukan dengan berbagai macam jenis. Sebelum menentukan jenis masker yang perlu kamu gunakan, yuk kenalan dengan jenis masker berikut ini:

Masker N95

Kemunculan pandemi COVID-19 ini membuat masker N95 kian populer. Pasalnya, jenis masker satu ini diklaim paling efektif dalam melindungi kamu dari penyebaran virus corona. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang begitu antusias untuk membeli jenis masker satu ini. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang cukup banyak untuk membeli satu buah masker N95.

Penggunaan dari masker N95 ini sendiri diklaim mampu menyaring 95% partikel yang terdapat di udara, baik itu partikel kecil hingga besar sekalipun. Sehingga partikel kecil yang ada di udara tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kamu. Bagi kamu yang baru pertama kali akan menggunakan jenis masker ini, kamu akan merasa sedikit tidak nyaman saat menggunakan masker ini. Pasalnya, masker N95 yang cukup besar ini akan membuat kamu sedikit kesulitan saat bernafas. Kamu yang memiliki riwayat sakit asma tidak dianjurkan menggunakan masker ini terlalu lama.

Masker Kesehatan

Jenis masker satu ini merupakan yang paling umum kamu temui di pasaran. Jenis Masker kesehatan juga seringkali disebut dengan masker bedah. Sebelum maraknya anjuran penggunaan masker, masker kesehatan dapat dengan mudah kamu temukan di apotik terdekat. Masker kesehatan sendiri dapat membuat kamu lebih terlindungi dari berbagai macam cipratan dan tetesan droplet ataupun partikel kecil lainnya.

Jenis masker satu ini juga dilengkapi dengan tiga buah lapisan yang berbeda. Di mana lapisan tengah pada masker kesehatan memiliki fungsi sebagai filter akan berbagai partikel tidak mudah masuk ke tubuh kamu. Tingkat efisiensi penggunaan masker ini sekitar 80%. Meski tidak setinggi masker N95, namun penggunaannya tetap efektif mencegah penyebaran virus. Perlu diketahui juga bahwa penggunaan masker ini hanya berlaku satu kali pakai dan wajib dibuang setelah digunakan.

Masker Kain

Bagi kamu yang kesulitan dalam mendapatkan masker N95 dan masker kesehatan, penggunaan masker kain dapat menjadi alternatif yang terbaik. Di mana masker yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan baik secara offline maupun online. Tidak hanya itu saja, harga yang dibandrol untuk satu buah masker kain juga terbilang sangat murah meriah. Sehingga banyak orang yang lebih memilih menggunakan jenis masker satu ini.

Meski terbuat dari bahan kain, penggunaan masker ini juga dapat menahan droplet yang dikeluarkan akibat batuk dan juga bersin. Sehingga masker ini juga dapat menjadi pilihan untuk menghindari penyebaran virus corona. Banyaknya pilihan motif yang terdapat pada masker kain membuat banyak orang khususnya wanita begitu jatuh hati dengan penggunaan masker satu ini. Penggunaan masker kain juga bisa kamu cuci setelah digunakan dan dapat kembali digunakan nantinya.

Ketiga jenis masker kesehatan yang telah disebutkan di atas memiliki karakteristik dan tingkat keefektifan yang berbeda-beda. Meski demikian, penggunaan masker tetap dianjurkan bagi kamu yang masih harus keluar rumah di tengah pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *