Kalau berbicara tentang masker wajah, maka produk perawatan kulit yang satu ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Nah, ada baiknya kamu juga menggunakan masker wajah untuk menjaga kualitas kulit. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal, misalnya daja kulit akan menjadi lebih cerah, segar, dan bersih. Akan tetapi, ternyata jenis masker wajah beragam, lho. Kamu bisa mengetahui jenis-jenisnya serta manfaat dari masker wajah, seperti di bawah ini.

  • Clay mask

Jenis masker wajah yang satu ini memiliki bahan dasar tanah liat dengan kehadiran mineral bermanfaat untuk kulit. Pada umumnya, bahan dasar yang digunakan adalah bentonite dan kaolin. Masker ini bisa menyerap minyak dari kulit, mengatasi serta mencegah kehadiran jerawat maupun komedo, dan membersihkan kulit dari sel mati dan kotoran.

  • Sheet mask

Masker yang satu ini memiliki bentuk lembaran kapas atau tisu dengan lubang pada bagian mata, bibir, serta hidung. Jenis masker ini baik untuk kamu yang mempunyai jenis kulit kering. Akan tetapi, semua jenis kulit juga tetap bisa menggunakan masker ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal lho. Disarankan untuk memijat wajah kamu setelah menggunakannya ya, agar kulit kamu bisa mendapatkan nutrisi lebih dari setiap kandungan yang berada dalam sheet mask ini.

  • Peel off mask

Masker ini memiliki bentuk krim atau gel. Pada umumnya, masker ini akan mengering dalam beberapa menit sesudah dioleskan di kulit wajah. Setelah kering, masker ini teksturnya akan berubah seperti karet yang elastis pada waktu dikelupas. Fungsi masker ini adalah untuk mengangkat komedo bandel. Akan tetapi, masker ini juga bisa mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak. Jenis masker ini nggak disarankan untuk kulit sensitif, sebab pengelupasannya bisa membuat kulit iritasi dan perih.

  • Mud mask

Nah, masker wajah ini memiliki bahan dasar lumpur dengan kandungan beraneka macam mineral. Masker wajah yang satu ini pada umumnya diolah dari lumpur abu vulkanis atau lumpur laut. Kandungan air yang ada pada masker ini lebih banyak dari clay mask, sehingga bisa menghidrasi kulit dengan lebih baik. Jadi, masker yang satu ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit.

  • Exfoliating mask

Masker dengan jenis ini dibuat untuk mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi yang digunakan menjadi bahan aktifnya. Sebaiknya, masker ini nggak digunakan secara berlebihan, terutama untuk para pemilik kulit sensitif, sebab bisa memicu terjadinya iritasi.

  • Sleeping mask

Sesuai dengan namanya, masker ini dipakai sebelum tidur. Teksturnya memiliki bentuk gel atau krim yang dipakai dengan cara mengoleskannya ke seluruh kulit wajah. Tunggu sampai masker diserap kulit serta mengering dengan sendirinya. Masker ini biasanya akan dibersihkan esok paginya. Masker ini bisa melembabkan kulit secara lebih baik jika dibandingkan dengan krim malam.

  • Wash off mask

Jenis masker ini dapat berupa bubuk yang dilarutkan dengan air, gel, maupun krim. Masker ini digunakan dengan mengoleskannya ke kulit, lalu dibilas menggunakan air hangat. Kamu bisa memerhatikan kandungan masker ini sebelum memakainya. Untuk kulit berminyak, kandungan asam glikolat, asam salisilat, charcoal, dan sulfur lebih cocok. Sementara untuk kulit kering lebih cocok memakai masker dengan bahan mentimun, lidah buaya, shea butter, atau asam hyaluronic.

Tujuh jenis masker di atas sudah kamu ketahui. Maka, kamu pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bila ingin memakainya untuk hasil maksimal. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *