Vitamin adalah salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung sistem kerja metabolisme tubuh. Vitamin memiliki beragam jenis dan manfaatnya masing-masing bagi tubuh. Salah satu jenis vitamin yang paling penting kehadirannya bagi tubuh adalah vitamin B7. Vitamin B7 atau yang lebih dikenal dengan biotin ini merupakan vitamin yang memiliki karakteristik mudah larut di dalam air.

Fungsi dari vitamin ini adalah sebagai enzim bagi tubuh untuk mengolah karbohidrat dan lemak menjadi energi bagi tubuh dan menghasilkan protein yang baik bagi tubuh. Kehadiran biotin ini sangat penting karena jika tubuh kekurangan biotin maka sistem pengolahan karbohidrat dan lemak di tubuh akan terganggu sehingga memicu timbulnya kenaikan gula darah dan kolesterol.

Kehadiran biotin juga sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Biotin mampu memperkuat sistem pembentukan jaringan pertumbuhan kuku dan rambut sehingga menjadi lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Biotin juga mampu mengatasi berbagai macam permasalahan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan lembab.

Kehadiran biotin di dalam tubuh memiliki peran sebagai pemecah senyawa kompleks sehingga menjadi lebih sederhana dan energi yang dihasilkan menjadi lebih mudah untuk dilepaskan. Dengan kadar biotin yang tercukupi dengan baik di dalam tubuh maka sistem kerja metabolisme dan pelepasan energi menjadi lebih maksimal serta jaringan tubuh menjadi lebih stabil. Kamu akan terhindar dari permasalahan rambut rontok dan kuku patah.

Mengetahui Apa Itu Biotin Dan Takaran Dosis Konsumsinya

Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu biotin? Biotin adalah senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kehadirannya mampu mengontrol sistem kerja insulin di dalam tubuh sehingga tidak mengalami resistensi ketika metabolisme sedang terjadi. Kadar lemak di dalam tubuh juga akan dipecah dengan baik oleh biotin sehingga tidak mengendap di dalam aliran darah yang akan memicu terjadinya kolesterol.

Tetapi tahukah kamu jika mengkonsumsi biotin tidak boleh dilakukan secara sembarangan, kamu harus mengikuti ketentuan dan takaran dosis yang berlaku agar biotin tetap dapat diterima dengan baik oleh tubuh. Berikut adalah takaran dosis yang harus kamu perhatikan jika akan mengkonsumsi biotin.

  • Umur 10 Tahun Ke Atas

Dosis yang disarankan untuk mengkonsumsi biotin bagi anak berusia 10 tahun ke atasĀ  adalah 30-100 mcg per hari. Dosis tersebut bisa berubah-ubah bergantung pada bagaimana kondisi tubuh. Sehingga, dosis satu orang dengan yang lain sudah tentu berbeda.

  • Umur Di Bawah 10 Tahun

Bagi anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun maka kadar dosis yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi biotin adalah 30 mcg/hari untuk anak usia 7-10 tahun. Untuk anak berusia 4-6 tahun dosis yang diperbolehkan adalah 25 mcg/hari. Anak berusia 0-3 tahun kadar biotin yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 20 mcg/hari.

  • Umur 18 Tahun Ke atas

Kadar biotin yang disarankan untuk dikonsumsi oleh kamu yang sudah berusia di atas 18 tahun adalah sebanyak 30-100 mcg/hari.

Kadar biotin yang diperbolehkan untuk dikonsumsi bagi orang yang normal dan yang mengalami kekurangan biotin berbeda. Jika orang yang mengalami kekurangan biotin maka kadar dosis yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sebanyak 150 mcg/hari melalui suntikan sedangkan melalui oral hanya diperbolehkan sebanyak 10 mcg/hari.

Dosis biotin setiap orang berbeda-beda hal tersebut tergantung pada tingkat kandungan yang terdapat di dalam tubuh. Konsumsi biotin sebaiknya juga dilengkapi dengan hasil konsultasi dengan ahli gizi atau dokter agar dosis yang diberikan lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *