Bagi masyarakat Indonesia istilah masuk angin memang sudah tidak asing lagi. Yang dipercaya secara turun-menurun sebagai gangguan kesehatan dengan gejala perut kembung, sering buang angin dan bersendawa, pusing, demam dan lainnya. Kondisi tersebut terjadi dipercayai akibat berkumpulnya angin pada tubuh yang tidak menyebar secara merata. Dalam dunia medis kondisi yang mirip gejala masuk angin disebut malaise. Yaitu suatu keadaan tubuh yang tidak fit sehingga menyebabkan rasa kurang enak badan. Masuk angin bisa dicegah diantaranya dengan cara menjaga pola makan, tidur cukup, mandi air hangat, mengkonsumsi makanan atau minuman hangat dan lainnya. Namun bila masuk angin sudah terlanjur datang, bisa juga diatasi dengan minum obat herbal Tolak Angin.

Apa Itu Tolak Angin?

Tolak Angin yang diproduksi oleh PT. Sido Muncul merupakan jamu cair pertama di Indonesia dengan racikan rumahan dan resepnya tidak pernah berubah sampai sekarang. Obat herbal ini diramu dari bahan-bahan alami khas Indonesia yang aman dan bermanfaat untuk meredakan serta menghilangkan rasa nyeri, membantu melancarkan peredaran darah, menyerap zat-zat racun dalam tubuh dan memperbaiki pencernaan.

Ini Kandungan Tolak Angin yang Sehat untuk Tubuh

Sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk mengatasi masuk angin, kandungan Tolak Angin yang sehat untuk tubuh adalah:

  • Jahe (zingiberis rhizoma)

Rimpang ini memang terkenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk menghangatkan tubuh. Sehingga kandungan jahe pada Tolak Angin bisa membantu menurunkan suhu panas tubuh. Selain itu jahe juga bisa membuat kondisi perut lebih nyaman sehingga keluhan perut kembung yang menyertai masuk angin bisa mereda.

  • Daun Cengkeh (caryophylli folium)

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu penyedap. Namun selain itu cengkeh juga digunakan sebagai bahan obat herbal yang salah satunya dapat membantu meredakan gejala masuk angin. Mengandung senyawa eugenol yang bermanfaat sebagai antioksidan, merangsang sirkulasi enzim pencernaan serta metabolisme tubuh.

  • Daun Mint (menthae arvensis herba)

Selain ampuh untuk mengusir bau mulut, daun mint juga ramah untuk perut. Hal ini disebabkan adanya kandungan dekongestan dan ekspektoran yang bisa membantu mengatasi perut kembung dan gejala masuk angin lainnya.

  • Madu

Bahan alami ini mempunyai sifat alamiah bisa menenangkan peradangan dan mengurangi iritasi. Selain itu madu juga bisa sebagai antibakteri dan rasa manisnya juga dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi batuk. Namun kandungan madu tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 1 tahun, ya. Dan produk Tolak Angin Anak hanya untuk anak usia 2-12 tahun.

  • Adas (foeniculi fructus)

Salah satu jenis rempah kuno ini mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam 1 sendok makan adas terdapat 2gr serat. Selain kaya serat adas juga antijamur, antibakteri dan anti peradangan. Adas juga dapat membantu mencegah:

  1. Pembentukan gas penyebab perut kembung.
  2. Mengurangi perut mulas.
  3. Menenangkan saluran pencernaan.
  4. Meredakan sakit punggung.
  5. Mengatasi gangguan saluran pernapasan.
  6. Adas juga mengandung vitamin A, B kompleks, C, E, zat besi, kalium dan kalsium.
  • Kayu Ules (isorae fructus)

Kayu ules merupakan tanaman perdu yang banyak ditemukan di dataran tinggi dan berbukit. Tanaman ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menambah nafsu makan, meredakan demam dan diare.

Itulah beberapa kandungan Tolak Angin yang sehat untuk tubuh. Jadi bila masuk angin datang, jangan ragu untuk minum Tolak Angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *